Tanda – Tanda Mobil mulai bermasalah

Simulasi-kredit.com –  Memiliki kendaraan pribadi merupakan keinginan setiap orang. namun terkadang setelah memiliki kendaraan kita jadi malas untuk merawatnya dan menyebabkan kerusakan. Jika kalian termasuk orang yang kurang memperhatikan kondisi kendaraan, berikut tanda – tanda mobil mulai bermasalah.

Untuk menjaga performa dan kualitas mesin kendaraan, baik motor maupun mobil perlu melakukan service rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan karena setiap komponen memiliki masa waktu penggunaan.

tanda-tanda mobil mulai bermasalah

Service Mobil

Pada kesempatan kali ini, simulasi-kredit.com akan memberikan sedikit tanda – tanda mobil mulai bermasalah, hal ini dapat kalian antisipasi agar kerusakan tidak semakin menyebar dan membuat pengeluaran untuk biaya perbaikan semakin besar, berikut selengkapya:

Roda belakang

Hal pertama yang harus kalian perhatian adalah bagian roda belakang mobil. Perhatikan bagian sisi dalam ban baik kiri atau kanan, jika terdapat noda oli yang keluar dari oli gardan, itulah tanda – tanda mobil kalian mulai bermasalah karena akan memperburuk sistem pengereman

Seal Kompesor

Prediksi kebocoran mungkin ada pada seal kompresor. Oli yang keluar jernih atau merah. hal ini akan memengaruhi atau merusak pompa oli power steering. kemungkinan kedua adalah kebocoran ada pada seal oil Crankshaft dan seal oil pump. Oli yang akan keluar kotor. Hal ini harus segera diperbaiki karena dapat membuat timing belt menjadi cepat rusak.

Seal Crankshaft dan Seal Pompa Oli

Khusus mobil dengan penggerak roda belakang, bila oli menetes di depan-tengah dekat radiator, bisa jadi masalahnya bermula dari seal crankshaft. warna olinya sama dengan oli mesin. sebaiknya, ganti segera karena berisiko menimbulkan suara detakan di mesin.

Transmisi

Bila dijumpai oli menetes di bagian belakang mesin, kemungkinan berasal  dari oli transmisi yang merembes. Biasanya, itu buntut kerusakan seal crankshaft. Tanda – tanda kerusakan dapat kalian amati, oli dari mesin lebih encer, sedangkan oli transmisi jauh lebih kental. selain itu, packing tutup atau bawah mesin yang tidak rapat juga dapat membuat  oli menetes dari bagian ini.

Seal Garden

Jika oli merembes di bagian buritan, tepatnya diantara dua ban belakang, penyebabnya berasal dari sini, segera ganti seal baru agar masalah teratasi dan tidak membuat kerusakan menjadi lebih besar.

 

Roda Gigi Setir

tanda- tanda mobil mulai bermasalah terakhir adalah Oli yang merembes pada bagian roda gigi setir , cenderung kental dan jumlahnya tidak lebih dari 0,5 liter. Bila bocor dibagian tersebut, tetesan oli terlihat dekan dengan roda depan kanan.

Ciri utama yang dirasakan pengemudi adalah setir menjadi berat. Kerusakan akan berlanjut ke bearing dan permukaan roda gigi jika dibiarkan.

Nah, sudah tahukan tanda – tanda mobil mulai bermasalah ? yuk diperhatikan setiap komponen kendaraan kesayangan dirumah agar performa dan kualitasnya terjaga

Baca Juga : Biaya Jasa Service Motor Matic di Bengkel Resmi