Sampai kapan mau terus ngontrak?

Sampai kapan mau terus ngontrak? – Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistis (BPS) yang admin simulasi-kredit.com kutip dari rumah.com , Status kepemilikan rumah sewa menurut persentase rumah tangga saat ini mengalami kenaikan sebesar 1% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 8,51% menjadi 9,25%.

desain rumah minimalis type 36

Ilustrasi rumah type 36

Pada dasarnya memang tidak ada orang yang ingin menetap selamanya dirumah kontrakan. ditengah keterbatasan, pasti di lubuk hati yang paling dalam selalu terbesit untuk memiliki rumah sendiri seperti rekan kerja atau kerabat

Walaupun rumah yang ingin dibeli hanya berukuran sederhana seperti rumah tipe 36 harga Rp300 jutaan atau rumah subsidi, tapi setidaknya rumah tersebut atas nama pribadi.

Berikut admin simulasi-kredit.com berikan rangkuman agar kalian dapat memiliki rumah sendiri di tahun ini

1. Kesanggupan

Sebelum membeli sebuah rumah, baik itu KPR maupun cash , ada baiknya kalian mengukur kesanggupan atau kemampuan keuangan kalian. memang disaat ini lah kalian harus mengencangkan ikat pinggang dan mengorbankan  keiinginan agar mendapatkan rumah impian.

Sebagai referensi, kalian harus mengetahui bahwa besaran cicilan KPR jika ingin cepat di approve adalah sepertiga dari total pendapatan. kalian bisa mengatur dengan rumus dibawah ini

  • 30% – 40% untuk biaya hidup bulanan.
  • 20% untuk tabungan dan investasi sesuai tujuan finansial.
  • 10% untuk dana darurat.
  • Maksimal 30% apabila masih ada cicilan pinjaman. Bilamana ada, maka alokasi untuk pos pengeluaran lain akan berkurang.

Maka dari ini disarankan kalian untuk menghitung kesanggupan atau kemapuan sebelum membeli rumah idaman

Baca Juga : gaji UMR ingin beli rumah? simak ini

2. Property yang diinginkan

Jangan terpaku pada suatu tempat atau lokasi. cari sebanyak mungkin perumahan baru, hal ini berguna untuk kalian mencari perbandingan harga.

 

3. Informasi

Pastikan kalian sudah mendapatkan berbagai informasi yang ingin dibeli, seperti status tanah dan bangunan, status kepemilikan, fasilitas yang tersedia serta harga yang ditawarkan.

Hal ini berguna agar kalian tidak terjebak dikemudian hari, karena tujuan utama kalian membeli rumah adalah untuk di tinggali, beda jika kalian membeli rumah untuk investasi.

 

4. Harga Pasar

Kumpulkan dan bandingkan harga-harga rumah yang berlaku saat ini, di wilayah tersebut dengan jenis rumah yang sama. Dengan mempelajari pasaran harga, akan ditemukan harga yang terbilang wajar dan tidak mahal. Seperti misalnya dengan rutin mengecek

Baca Juga : Daftar Rumah harga Rp. 200 Jutaan

Itulah beberapa hal yang wajib kalian pertimbangkan sebelum membeli rumah. kiranya artikel ini dapat memberikan semangat kembali untuk kalian.