Taksi Online ada Minimal Tarif, bagaimana dengan Ojek Online ?

Advertisements

Simulasi-Kredit.com – Taksi Online memang banyak penggunanya, karena tarif murah. jika taksi online ada minimal tarif, bagaimana dengan ojek online? Apakah sama?

Cara daftar grabcar

Ilustrasi Taksi Online

Beberapa tahun belakangan ini, banyak bermunculan peyedia jasa taksi online. disatu sisi, peyedia jasa taksi online ini memang dapat dijadikan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan tambahan. namun, disisi lain hadirnya taksi online membuat beberapa penyedia jasa taksi konvensional merugi bahkan ada yang gulung tikar.

Taksi Online ada Minimal Tarif, Bagaimana Dengan Ojek Online ?

Menyikapi semakin banyaknya pengemudi taksi online dan perang tarif yang diberikan, pemerintah akan menetapkan tarif minimal untuk taksi online agar persaingan di dunia transportasi dapat berjalan secara sehat.

Peraturan Menteri Tahun 2016 No.32

Melalui Peraturan Menteri Menteri (PM) Perhubungan No. 32 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang baru dilakukan revisi, terdapat 11 point masukan dan tuntutan yang diberikan mengenai tarif batas atas dan batas bawah.

Baca : Avanza Transmover, Harapan Baru Pengusaha Taksi

Peraturan menteri no. 32 tahun 2016 ini akan mulai diberlakukan awal april mendatang, jadi sudah tidak ada lagi tarif murah dari perusahan taksi online. dan tarif SUDAH ditentukan oleh pemerintah serta tarif nya tidak jauh dari tarif konvensional saat ini.

Dalam revisi Peraturan Menteri No.32 Tahun 2016 ini juga tidak hanya membahas masalah minimal tarif, tetapi pemerintah juga mengenakan pajak bagi perusahan aplikasi dan badan hukum yang mengelola. Karena pada Peraturan Menteri No. 32 sebelumnya tidak ada pengenaan biaya pajak.Untuk kewenangannya berada pada kewenangan Kemenkeu, sedangkan perhitungan pajaknya ada pada dirjen pajak.

Baca : Harga Tiket Masuk IIMS

Selain melakukan revisi mengenai tarif minimal dan pajak perusahaan aplikasi, revisi kebijakan permen no 32 ini juga menitik beratkan kepada jumlah armada taksi online yang akan dibatasi seperti pada pembatasan jumlah armada pada taksi konvensional.

Dengan adanya penetapan minimal tarif, semoga para pengemudi aplikasi online lebih sejahtera dengan tidak hadirnya promo, karena para pengemudi berharap kepada uang cash agar dapat beroperasional setiap harinya.

Advertisements

Leave a Reply