Prosedur pengajuan klaim asuransi Mobil – Saat kalian baru memiliki mobil pertama kali, pasti kalian mencari berbagai cara untuk merawat dan melindungi  kendaraan kalian, salah satunya dengan mengajukan asuransi kendaraan.

Baca : Asuransi Mobil Bess Insurance

Pemilihan asuransi kendaraan terbaik, dapat memberikan rasa aman , nyaman dan merasa tenang saat berkendara dijalanan. karena resiko yang mungkin terjadi kapan saja dapat ditanggung oleh pihak asuransi.

Semua fasilitas yang kita terima dari peyedia jasa asuransi tentunya harus kita bayar sesuai dengan jumlah premi kewajiban yang wajib kita bayarkan ke pihak asuransi.

sebagai konsumen, tentunya kita mengharapkan asuransi terbaik untuk mobil kita.oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa asuransi mobil terbaiklah yang kita pilih.hal ini berguna untuk anda mendapatkan pelayanan terbaik serta manfaat yang maksimal dari penggunaan asuransi tersebut.

Prosedur pengajuan klaim asuransi Mobil

Sebelum mengajukan pengcoveran asuransi mobil, ada baiknya anda cermati terlebih dahulu sebelum memilih dan menggunakan asuransi tersebut. kenali terlebih dahulu proses klaim nya seperti apa, karena proses ini adalah layanan yang paling penting dalam asuransi. anda tentunya tidak ingin mengalami kesulitan serta berbagai hal yang merepotkan pada saat klaim asuransi tentunya.

pengertian TLO dan All Risk
Asuransi Mobil

Klaim merupakan sebuah proses pengajuan yang dilakukan oleh tertanggung (pemegang polis asuransi) untuk mendapatkan ganti rugi yang timbul akibat kecelakan atau kehilangan terhadap kendaraan yang telah diasuransikan tertanggung kepada pihak penanggung (Perusahaan asuransi) baik untuk pengcoveran asuransi TLO (Total Loss Only) maupun All Risk.

Proses Klaim Asuransi Mobil

Proses klaim asuransi mobil tiap perusahaan berbeda – beda, karena setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri atau masing – masing,sebagai pelanggan tentunya anda tidak ingin mengalami kesulitan dalam proses klaim asuransi karena hal tersebut dapat merugikan dan membuang banyak waktu dan tenaga anda.

Tahapan Klaim Asuransi

Berikut adalah tahapan klaim asuransi jika suatu saat kendaraan atau mobil anda mengalami kecelakaan atau kehilangan akibat pencurian.

Tahap Pelaporan

tahap pelaporan merupakan tahapan pertama apabila mobil kalian mengalami kecelakan atau kehilangan. anda jangan sampai lupa untuk melaporkan, karena tahapan pelaporan bisasnya ada tenggang waktu yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Beberapa point penting yang perlu anda ketahui pada saat tahap pelaporan

Lakukan dengan segera

Pihak asuransi biasanya sudah menetapkan batasan masksimum pelaporan klaim asuransi , biasanya pihak asuransi memberikan waktu masksimal 3 X 24 Jam dari waktu kejadian. jadi sangatlah penting untuk kalian mengetahui syarat dan ketentuan yang diberikan.

Jangan sampai penyebab klaim asuransi mobil kalian ditolak hanya gara – gara waktu kejadian yang telah melewati batas. anda dapat melakukan pelaporan kepihak asuransi dengan ccara menghubungi melali telepon, sms, email atau datang langsung ke kantor asuransi yang bersangkutan.

Bukti yang Jelas

Anda dapat melengkapi berkas pelaporan klaim dengan menyertakan bukti foto mobil kalian pasca kecelakan, agar pihak asuransi dapat mengetahui kondisi terakhir kendaraan kalian. hal ini dapat membantu proses pengajuan klaim asuransi

Informasi yang Jelas

Saat anda mengajukan klaim kendaraan pada pihak asuransi, berikan lah informasi yang jelas dan detail mengenai kejadian yang kalian alami.  jelaskan sedetail mungkin namun jangan berbelit – belit sehingga tim analis asuransi dapat mengerti dengan informasi yang anda berikan.

Penanganan Khusus

Penanganan khusus yang dimaksud disini adalah apabila kalian mengalami kecelakaan diluar kota (diluar wilayah pendaftaranasuransi). maka kalian dapat melaporkan kronologis kejadian kekantor cabang terdekat, untuk mengetahui lokasi kantor cabang asuransi terdekat, anda dapat menghubungi kantor pusat asuransi yang anda gunakan.

Lapor ke Pihak Berwajib

Saat mengalami kecelakaan, kalian wajib melaporkannya kepihak berwajib, karena hal ini dapat membantu kalian dalam proses pengajuan klaim asuransi terutama apabila kejadiannya diluar kota.

Lengkapi Dokumen Kecelakan

Ketika kalian mengalami kecelakaan dan ingin mengajukan klaim asuransi, maka kalian wajib meyertakan data pendukung sebagaimana yang telah diatur dalam perjanjian asuransi. kelengkapan dokumen pendukung pada saat klaim asuransi merupakan faktor cepat atau lambatnya klaim asuransi yang kita ajukan. berikut dokumen pendukung yang diperlukan pada saat klaim asuransi

Formulir Klaim

Pasrikan kalian sudah mengisi dengan lengkap dan benar pada formulir klaim sesuai dengan perjanjian yang berlaku dan telah ditetapkan.

Salinan Polis Asuransi

salinan polis asuransi merupakan salah satu dokumen yang wajib kalian sertakan pda saat pengajuan klaim asuransi karena polis asuransi merupakan bukti penting bahwa kita mengikuti kepesertaan asuransi. polis juga sebagai acuan besaran premi yang akan kita dapatkan dan juga besaran premi yang harus kita bayarakan.

Surat keterangan dari pihak kepolisian

surat keterangan dari kepolisian saat penting karena pada surat yang diberikan oleh kepolisian tercatat keterangan dan kronologis kejadian kecelakaannya.

Dokumen Pemilik

Dokumen pemilik yang dimaksud disini adalah seperti foto copy KTP, SIM dan STNK seperti yang tertera atau terdaftar pada saat pengajuan  polis asuransi.

Tahapan Perbaikan Kendaraan

Langkah selanjutnya setelah kalian mengajukan klaim asuransi adalah tahapan perbaikan kendaraan kalian. sebelum melakukan perbaikan, harap diperhatikan beberapa hal berikut ini :

Tunggu penanganan dari Pihak Asuransi

Setelah kalian melakukan pelaporan klaim asuransi kendaraan, mohon anda agak bersabar terlebih dahulu, mengingat pihak asuransi butuh melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan melakukan survey kendaraan kalian. hal ini berguna untuk memeriksa kebenaran atas kejadian yang kita alami dan seberapa besar kerusakan yang terjadi.

Biasanya konsumen mengeluh proses yang lama disini, akan tetapi mereka tidak menyadari bahwa dokumen yang mereka lampirkan apakah sudah lengkap? jika belum, dapat dipastikan proses klaim kalian agak lama dan berbelit – belit, karena surveyor dari pihak asuransi meminta kekurangan dokumen pendukungnya.

Jika Dokumen pendukung sudah lengkap, ada baiknya untuk menghemat waktu dan tenaga kalian membawa kendaraan kalian kebengkel rekanan asuransi, kantor cabang perushaan asuransi ataupun kunjungan langsung dari pihak surveyor perusahaan asuransi.

Dapatkan SPK (Surat Perintah Kerja)

Jangan sekali – kali kalian membawa kendaraan kalian yang rusak akibat kecelakan langsung ke bengkel rekanan asuransi tanpa membawa SPK atau Surat Perintah kerja dari asuransi, kenapa? karena pihak asuransi TIDAK akan mengganti rugi biaya yang dikeluarkan tanpa adanya SPK sebagai surat pengantar ke bengkel rekanan.

Gunakan Bengkel Rekanan

Biasanya, pihak asuransi sudah melakukan kerjasama dengan bengkel – bengkel perbaikan yang mereka anggap baik dan memenuhi standar kualitas sehingga konsumen mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Sesuai Ketentuan

Jangan terlalu ‘ribet’ setelah proses klaim kita lakukan sesuai prosedur dan ketentuan, biarkan pihak asuransi yang melakukan semua dan kita hanya tinggal menunggu

Tahapan penanganan klaim pihak ketiga

pada saat anda mengalami kecelakaan, bisa saja anda melibatkan kendaraan lain. bisa saja pihak ketiga hanya terkena imbas, atau terlibat langsung dalam kecelakaan yang anda alami. Hal ini tentu akan membutuhkan penanganan khusus, agar Anda terhindar dari sejumlah pengeluaran atas kejadian tersebut.

Pada dasarnya, asuransi kendaraan juga telah menjamin kerugian yang terjadi atau dialami oleh pihak ketiga yang berada di luar objek pertanggungan namun secara langsung disebabkan oleh objek tersebut (kendaraan yang Anda miliki). Hal ini diatur dalam ketentuan Tanggung Jawab Hukum (TJH) terhadap pihak ketiga yang meliputi: kerusakan kendaraan bermotor, kerusakan harta benda, biaya pengobatan, cacat badan, dan bahkan kematian.

namun dalam hal ini, Anda harus mengetahu beberapa tahapan penanganan klaim pihak ketiga yang wajib anda ketahui. Jangan langsung anda ambil alih tanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh pihak ketiga sebelum adanya persetujuan dai pihak asuransi.

Jika pertanggungan pihak ketiga disetujui oleh pihak asuransi, harap melengkapi dokumen laporan Anda atas kerugian yang dialami oleh pihak ketiga, dalam hal ini Anda wajib menyertakan data mengenai pihak ketiga tersebut, antara lain: fotocopy KTP, fotocopy SIM, fotocopi STNK, surat pernyataan tuntutan ganti rugi, surat keterangan dari pihak kepolisian yang membenarkan adanya kecelakaan tersebut.

Tahapan Klaim Asuransi Mobil yang Mengalami Pencurian

Jika  Anda mengalami kehilangan mobil akibat adanya tindak pencurian, maka hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah melaporkannya kepada pihak yang berwajib dan juga pihak perusahaan asuransi. Anda juga harus melengkapi klaim Anda dengan dokumen berikut ini:

  1. Formulir klaim yang telah diisi dengan lengkap.
  2. Fotocopy KTP, SIM, STNK.
  3. Surat keterangan dari pihak kepolisian dan juga surat pemblokiran STNK.

Itulah sedikit gambaran mengenai prosedur pengajuan klaim asuransi mobil, semoga artikel ini dapat membantu kalian dan jika kalian ingin mengajukan pengcoveran asuransi mobil terbaik, silahkan ajukan disini ( Subjek : Asuransi Mobil Diskon 5% )dan dapatkan diskon 5% dari simulasi-kredit.com

Artikel Terkait

Prosedur pengajuan klaim asuransi Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *