penyebab cat kendaraan menjadi kusam

Advertisements

Penyebab cat kendaraan menjadi kusam – Memiliki kendaraan baru memang menjadi sebuah idaman. akan tetapi, percuma saja jika memiliki kendaraan baru tidak dirawat dengan benar sehingga membuat cat kendaraan menjadi kusam.

Cara penanganan cat kendaraan memang susah – susah gampang, salah memilih produk dapat membuat cat menjadi pudar dan sudah pasti membuat kendaraan mempunyai daya jual yang cukup rendah.

cara membersihkan noda di body kendaraan

tips membersihkan cat kendaraan

beberapa faktor yang membuat cat kendaraan menjadi pudar sangat sering kita jumpai tanpa sadar, dengan membaca artikel penyebab cat kendaraan menjadi kusam, semoga anda bisa menjaga kualitas warna kendaraan kesayangan kalian.

Faktor yang membuat cat kendaraan menjadi pudar

1. Partikel Debu

Debu yang melekat di bodi motor atau mobil bisa membuat daya kilap cat semakin berkurang. Pemilik biasanya menganggap sepele hal ini. Terlebih apabila dibiarkan dalam kurun waktu yang cukup lama.

2. Air Hujan

Nah, banyak pemilik motor yang menganggap sepele hal ini. Mengapa air hujan bisa menyebabkan cat kendaraan menjadi kusam? Karena di dalam air hujan terkandung zat asam nitrat atau HNO3 yang mana zat tersebut bisa merusak lapisan kilap cat kendaraan.

Tidak hanya menyebabkan cat kendaraan menjadi kusam saja, namun air hujan pun akan mempercepat korosi atau karat pada bagian logam.

baca : benarkah air hujan dapat memudarkan cat kendaraan?

3. Terkena Minyak

Minyak yang bisa menyebabkan cat kendaraan menjadi kusam yaitu minyak rem. Memang minyak rem ini mempunyai fungsi yang sangat penting.

Akan tetapi apabila mengenai cat kendaraan Anda, maka bisa merusak lapisan kilap cat kendaraan. Bisanya kejadian ini terjadi ketika kendaraan sedang berada di bengkel.

4. Mencuci Dengan Sabun Colek

Dalam mencuci kendaraan, sebaiknya gunakan sabun khusus pencuci kendaraan, jangan menggunakan sabun colek atau deterjen. Banyak pemilik kendaraan yang melakukan hal ini dan menganggap sepele dengan beramsumsi karena kendaraannya tidak terlalu kotor sehingga dapat dicuci sendiri dirumah. Mengapa sabun colek atau deterjen bisa menyebabkan cat motor kusam?

Di dalam sabun colek atau deterjen terkandung zat kimia keras yang mana dapat merusak kualitas serta bisa mengikis kilap cat kendaraan kesayangan Anda.

5. Proses pengelapan

Pengelapan yang kurang tepat pun salah satu penyebab cat kendaraan kusam. Misalnya masih terdapat air pada body kendaraan setelah dicuci. Noda air tersebut nantinya bisa memicu tumbuhnya jamur yang sulit dihilangkan.

nah, sudah tahu kan penyebab cat kendaraan menjadi kusam. silahkan dijaga dan dirawat sebaik mungkin ya, biar kendaraan kita terlihat seperti baru terus.

Baca : Biker, Lakukan langkah ini pada musim hujan

 

Advertisements

Leave a Reply