Cara mempersiapkan kamar untuk menyambut “Pendatang Baru” – Buat para pasangan baik yang baru menikah maupun yang sudah lama menikah, kehadiran momongan tentunya akan menambah kebahagiaan dalam berkeluarga.

Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, membuat sebagian orang tua menggunakan pola asuh sama dengan gaya orang barat dengan membiasakan bayi mereka tidur terpisah dengan orang tua nya sejak hari pertamanya dirumah impian.

kamar bayi yang sehat
desain kamar bayi

 

Dengan memisahkan kamar tidur bayi dari hari pertama mereka dirumah sebenarnya sah – sah saja, akan tetapi apakah kalian sudah mempersiapkan kamar bayi sebelum kedatangan “pendatang baru” dalam keluarga anda?

untuk sebagian pasangan mungkin sudah mempersiapkan kehadiran “pendatang baru” dirumah idaman mereka, tapi sudahkah kalian tahu cara menata kamar bayi yang baik dan benar agar bayi dapat bertumbuh secara sehat ?

Cara mempersiapkan kamar untuk menyambut “Pendatang Baru”

Perlengkapan bayi

Bila kamar yang disiapkan tak cukup besar, kamar bayi cukup diisi dengan furnitur utama, yaitu ranjang bayi, meja untuk mengganti popoknya, lemari sebagai tempat menyimpan pakaian, popok, dan perlengkapan tubuhnya, dan kursi sebagai tempat ibu menyusui bayinya. Jika ruangannya lebih besar, Anda bisa menambahkan rak untuk tempat mainannya.

Lantai

Lebih baik lantai dibiarkan biasa saja, jangan menggunakan karpet atau semacamnya. karena penggunaan karpet pada lantai dapat membuat debu semakin berkumpul dan sudah pasti udara dalam kamar bayi menjadi buruk serta berefek kepada kesehatan sang bayi.

Dinding

Jika anda ingin menggunakan cat, disarankan menggunakan warna yang cerah dan pastikan bahwa cat yang akan anda gunakan terbebas dari bau yang menyengat atau beracun. untuk wakti pengecatan, ada baik nya dilakukan min 3 bulan sebelum kedatangan “pendatang baru” agar sang bayi tidak menghirup aroma cat yang dapat menggangu pernafasannya.

selain menggunakan cat untuk kamar bayi. anda juga bisa menggunakan wallpaper yang cantik. meski pada usia di bawah 2 bulan, sang bayi memang baru bisa melihat warna hitam dan putih, namun seiring perkembangan dan pertumbuhan usianya, warna cerah akan meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya.

Pencahayaan

Memberikan dua buah lampu pada kamar bayi sangat diperlukan, yang satu sebagai lampu utama dan satunya sebagai lampu tidur. mengapa? karena dengan menambahkan lampu tidur, dapat membuat bayi lebih nyenyak dan berfungsi juga pada saat sang ibu menyusui dimalam hari, karna tidak membuat sang ibu dan bayi silau akibat lampu utama.

Serta pastikan stop kontak jauh dari ranjang bayi, jadi jangan terlalu menempelkan ranjang bayi pada dinding. Dan gunakan stop kontak dengan penutup. pastikan bahwa kamar bayi anda mendapatkan sinar matahari yang cukup dipagi hari.

Baca : Cara membuat suasana rumah lebih nyaman

Sirkulasi udara

Jangan selalu menggunakan penyejuk ruangan atau AC , agar sang bayi tidak kebiasaan menjadi anak yang mudah kepanasan dan kesal jika udara disekitarnya sedikit panas. buka jendela kamar dipagi haru untuk menggantikan udara sebelumnya.

 

Bagi pasangan yang baru akan memiliki anak pertama dan sedang mencari rumah baru, lebih baik mencari rumah dengan dua kamar tidur. Selain lebih praktis, harganya lebih terjangkau.

baca : Cluster baru di Graharaya untuk pasangan baru

Cara mempersiapkan kamar untuk menyambut “Pendatang Baru”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *