Kesalahan yang dapat membuat rumah kelihatan sempit

Advertisements

Kesalahan yang dapat membuat rumah kelihatan sempit – Pernahkah kalian mengalami atau merasakan ruangan atau rumah kalian terasa sempit, padahal ruangan atau rumah kalian cukup besar?

Jika kalian mengalami atau merasakan hal tersebut dirumah, kalian wajib membaca artikel ini.kenapa? karena pada artikel kesalahan menata ruangan yang dapat membuat rumah kelihatan lebih sempit ini terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi serta adanya trik mengakali ruangan rumah yang sempit agar terlihat luas.

Kesalahan yang dapat membuat rumah kelihatan sempit

 

Kesalahan-kesalahan menata ruangan rumah sehingga terlihat lebih sempit

1. Menyamakan segala sesuatu

Kesalahan yang sering muncul ketika menata ruangan adalah menyamakan semua barang dari segi warna, bahan, dan pola membuat semua hal di dalam ruangan akan terlihat sama dan hanya satu jenis.

Untuk menghindarinya, Anda bisa menambahkan variasi dengan memberikan berbagai sentuhan gaya pada bantal, sofa, dan kain pelapis di dalam ruangan.

cara menambah nyaman suasana dirumah

desain ruang tamu

Jika Anda merupakan penggemar dekorasi penuh koordinasi, mesti membatasi tema yang digunakan pada dinding atau furnitur, tetapi jangan membatasi keduanya, cukup salah satunya.

2. Wallpaper berwarna gelap

Pada dasarnya wallpaper berwarna gelap menyerap cahaya sehingga ketika hal tersebut diaplikasikan pada sebuah ruangan, akan terasa lebih kecil daripada kondisi sebenarnya.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menggunakan wallpaper berwarna terang yang membuat ruangan jadi lebih luas dan terbuka.

Namun, jika Anda diharuskan memakai wallpaper gelap, batasi penggunaannya pada dinding saja.

3. Salah meletakkan atau pemilihan furniture

Perilaku meletakkan seluruh furnitur berdempetan dengan dinding akan membuat satu jurang kehampaan besar di tengah ruangan.

Selain itu, kesalahan peletakan furnitur tersebut bisa membuat keseluruhan ruangan menjadi lebih kecil.

Untuk menghindarinya, Anda bisa menjauhkan segala macam furnitur dari dinding dan membentuknya sesuai dengan jenis kelompok furnitur agar terlihat rapi.

Baca : cara menyiapkan kamar bayi

Jika Anda lebih suka dengan ruang yang terbuka, bisa membuat beberapa inci jarak antara dinding dan furnitur.

Hal tersebut menimbulkan kesan bahwa dinding lebih jauh dari kelihatannya.

4. Kelebihan ornamen

Di dalam sebuah ruangan, Anda seringkali menempatkan banyak pernak-pernik ornamen di dalamnya.

Langkah itu selain membuat ruangan tampak lebih kecil juga menjadikannya terlihat berantakan.

Ketika mendekorasi sebuah ruangan, Anda bisa menciptakan tampilan musiman dengan benda-benda favorit dan mengubahnya secara reguler.

Jika Anda tidak tahan untuk tidak menampilkan pernak-pernik, bisa sediakan sebuah laci untuk tujuan display atau tempat pamer.

5. Gorden dengan panjang 3/4

Penggunaan gorden sepanjang 3/4 dan hanya menggantung di tengah memberikan kesan langit-langit menjadi lebih rendah.

Solusinya, Anda bisa menggunakan gorden dengan panjang dari langit-langit sampai lantai untuk membuat ruangan dan jendela menjadi lebih besar.

Namun jika gorden panjang bukan favorit, Anda bisa meletakkan rel gorden sedekat mungkin dengan langit-langit dan memotongnya pada ambang jendela.

Upaya tersebut menciptakan ilusi langit-langit yang lebih tinggi.

6. Kebanyakan furnitur

Terlalu banyak furnitur di dalam satu ruangan akan membatasi dan membuatnya jadi lebih kecil.

Anda bisa memindahkan kelebihan furnitur tersebut ke ruangan lain di dalam rumah. Salah satunya dengan memindahkan kursi berlengan ke ruang tidur dan menjadi sudut membaca yang nyaman.

Sebelum memindahkannya, pastikan tidak ada furnitur yang menghalangi jendela. Pasalnya, menghubungkan ruangan dengan area luar mampu menciptakan ilusi kedalaman dan rasa lebih luas pada sebuah ruangan.

7. Pencahayaan

Kesalahan yang sering terjadi dalam mendekorasi ruangan adalah hanya menempatkan satu lampu utama pada sebuah ruangan. Hasilnya, sedikitnya cahaya yang ada membuat ruangan terlihat lebih kecil.

Untuk menghindarinya, Anda bisa memilih beberapa lampu dan meletakkannya di sekitar ruangan. Cahaya yang dihasilkan akan memantul lewat tembok guna menggapai sudut-sudut gelap pada ruangan.

Namun jika Anda tak memiliki ruang untuk memasang lampu tambahan, bisa menggunakan cermin untuk merefleksikan seluruh cahaya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering kita lakukan pada penataan ruangan atau rumah impian, sehingga memberikan kesan rumah kita sangat sempit.

Baca : Cara membuat suasana rumah lebih nyaman

Advertisements

Leave a Reply