Hal yang perlu diperhatikan sebelum touring

Advertisements

Simulasi-Kredit.com -Touring merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. namun apakah kalian sudah mengetahui hal yang perlu diperhatikan sebelum touring ?

Touring sangat terasa menyenangkan jika kita melakukan secara bersama – sama, apalagi jika rute perjalanan yang akan kita tempuh memiliki panorama / pemandangan alam yang indah.

Touting ke sawarna

Peserta Touring

Tapi, Apalah artinya touring yang akan kita tempuh jika kita sendiri belum mempersiapkan segalanya dengan matang. kali ini admin akan memberikan beberapa tips sebelum melakukan touring.

5 Tips Sebelum melakukan Touring

1. Perhatikan kondisi kendaraan secara menyeluruh

Hal yang pertama sebelum melakukan touring adalah mempersiapkan kondisi kendaraan, diharapkan kalian memeriksa setiap bagian kendaraan kalian baik dari kondisi indikator on speedometer, cairan pendingin mesin, bahan bakar, klakson, sistem kelistrikan motor (aki, lampu, dll), tekanan angin ban, rem. Pastikan semua berfungsi normal. Jika dirasa perlu, harap lakukan servis sebelum touring.

2. Perhatikan kondisi fisik Anda

Kalian wajib melaukan istirahat yang cukup sebelum touring yang berguna untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit pada hari keberangkatan. Bila Anda membutuhkan obat-obatan khusus, jangan lupa membawanya dan sesuaikan jumlah yang dibawa dengan lamanya waktu touring yang akan ditempuh sehingga tidak akan habis di tengah jalan.

3. Bawa toolkit sesuai kebutuhan

Lengkapi kebutuhan lain seperti sekring, lampu, serta rumah lampu. Jika ada masalah, perangkat ini sulit didapat di perjalanan, padahal fungsinya cukup vital. Selain itu, bawa juga dukungan kelengkapan berkendara, seperti sarung tangan, helm, jaket, jas hujan, masker, celana khusus, serta sepatu bot.

4. Perjalanan maksimum 3 Jam

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, disarankan untuk para peserta touring hanya berkendara 3 jam dan melakukan istirahat agar kondisi badan tidak terlalu lelah.

5. Kenali Rute yang akan dilewati

Sebelum kita berangkat touring, ada baiknya jika kita terlebih dahulu menentukan jalur mana yang akan kita lewati. jika sudah menentukan jalur yang akan dilewati, diharapkan minimal ada satu atau dua peserta touring yang mengetahui kondisi medan yang akan dilalui.

Baca : Tips Berkendara saat Hujan

Sebagai pengingat, jangan lupa kalian bawa surat-surat kendaraan, seperti SIM, STNK, surat tugas (apabila perwakilan instansi), surat izin kepolisian (apabila berombongan), serta asuransi. Perlengkapan lainnya, seperti pakaian ganti, kotak P3K, uang tunai, GPS/peta fisik, dan power bank juga tidak kalah penting untuk disiapkan jauh-jauh hari supaya tidak ketinggalan untuk dibawa touring.

Advertisements

Leave a Reply