Gak usah panik, begini cara mengurus kartu ATM yang hilang

Cara mengurus kartu ATM yang hilang  atau tertelan – ATM atau bisa juga disebut dengan Anjungan Tunai Mandiri dizaman sekarang ini sangat memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat. karena dengan ATM kita dapat melakukan transaksi tanpa adanya batasan waktu dan jarak.

Karena bentuknya yang kecil sehingga membuat kartu ATM mudah hilang. biasanya, kartu ATM hilang disebabkan kelalian kita dalam menyimpannya atau bis ajuga karena kita mengalami kecopetan. selain sering karena kedua faktor tersebut, biasa nya kartu ATM sering kali tertelan pada mesin ATM

cara mengurus kartu atm yang tertelan

Kartu atm

Jika kalian pernah mengalami kejadian seperti diatas, ada baiknya kalian jangan panik dan lakukan  langkah berikut ini:

Cara mengurus kartu ATM yang hilang

1.Telp Call Center

Langkah pertama jika kartu kalian hilang atau tertelan pada mesin ATM adalah dengan cara menghubungi call center dari bank tempat kartu ATM kalian dibuat.

Jelaskan kronologi perkitaan secara detailny yang terdiri dari  hari, tanggal, dan jam pada saat kartu ATM kalian hilang atau tertelan di mesin ATM.

Kalian minta kepada call center bank tempat kartu ATM kalian terbitkan untuk dengan segera mungkin memblokir kartu ATM.

Hal ini berguna untuk menghindari penggunaan kartu ATM dari pihak yang menemukan dan tidak bertanggung jawab.

2.Transfer  Saldo

Langkah selanjutnya, jika kalian memiliki atau mendaftarkan fasilitas internet banking atau sms banking sebelumnya, segera kalian transfer saldo yang ada pada rekening yang mengalami ATM hilang.

3. Buat laporan  kehilangan dari Kepolisian

Segera kalian mendatangi kantor kepolisian terdekat, dimana lokasi kejadian terjadinya ATM Hilang atau tertelan untuk membuat laporan kehilangan untuk keperluan pengajuan pembuatan kartu ATM yang baru nanti nya.

4. Buat kartu ATM baru

langkah selanjutnya, kalian dapat mendatangi kantor cabang bank tenpat kalian membuka rekening terdekat untuk meminta pembuatan kartu ATM yang baru.

Catatan : Jika kalian belum melakukan pembaharuan data di bank tempat kalian membuka rekening. kalian tidak bisa meminta pembuatan kartu ATM baru  pada kantor cabang pembantu bank tersebut.

Itulah sedikit tips cara mengurus kartu ATM yang hilang atau tertelan mesin ATM. jika ada pertanyaan, yuk kita sharing dengan komentar yang bijak.

baca juga : Syarat buka rekening BCA