Cara mudah transfer uang lewat mesin ATM

Cara mudah transfer uang lewat mesin ATM – Pada zaman digital seperti ini, salah satu fitur perbankan yang paling sering kita pergunakan adalah transfer, baik transfer ke sesama bank maupun transfer ke rekening beda bank.

Baca : Syarat buka rekening BCA

Jika transfer ke sesama bank memang sangat mudah, akan tetapi jika kita transfer ke antar rekening bank kita membutuhkan daftar kode bank untuk rekening tujuan.

daftar kode bank bca, mandiri, bri, cimb niaga

Transfer uang lewat mesin ATM

Pada kesempatan kali ini, simulasi-kredit.com akan memberikan beberapa langkah cara mudah transfer uang lewat mesin ATM. mungkin buat kita yang sering menggunakan mesin ATM sudah tidak asing lagi, tapi cara ini buat kalian yang masih pemula ya 🙂 .

Langkah mudah transfer uang lewat mesin ATM

1.Masukan kartu ATM

Silahkan masukan kartu ATM kalian pada lobang atau slot yang sudah ditentukan, pastikan posisi kartu ATM kalian masukan dengan benar dan tidak terbalik. biasanya, jika posisi yang kita masukan salah, kartu ATM tidak akan bisa masuk.

Untuk menghindari modus pencurian dana nasabah, harap kalian perhatikan pada bagian ujung slot kartu bahwa tidak ada benda mencurigakan  yang mengganjal atau tambahan alat yang membuat kartu atm macet.

2. Pilih Bahasa

Setelah kartu atm kalian masuk secara lancara tanpa hambatan atau apapun, silahkan kalian pilih bahasa yang ingin digunakan pada mesin atm tersebut.

3. Masukan PIN

Harap diperhatikan, kalian harus menjaga kerahasiaan  nomor pin atm. pada saat kalian mengetikan nomor pin atm harap kalian tutupi dengan tangan satunya lagi. hal ini berguna untuk menghindari penyalahgunaan pin atm oleh orang yang ridak bertanggung jawab.

Gantilah nomor PIN atm kalian secara bertahap, yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan tanggal lahir atau hal apapun yang mudah di tebak.

4. Pilih Jenis Transaksi

Pada halaman ini, kalian bisa memilih berbagai jenis transaksi yang disediakan oleh mesin ATM, dari mulai pengecekan saldo rekening, transfer dan pembayaran. karena kita akan melakukan transfer lewat mesin atm, maka kalian pilih menu transfer.

selanjutnya kalian dihadapkan pada pilihan kembali, ingin transfer ke sesama bank atau beda bank.

Jika ingin transfer ke sesama bank, selanjutnya kalian di minta untuk memasukan nomor rekening bank tujuan. selanjutnya pilih BENAR

Jika memilih transfer ke bank lain, silahkan kalian masukan kode bank dan nomor rekening tujuan(bank lain)

Jika kalian tidak mengetahui kode bank lain, kalian dapat memanfaatkan menu ‘daftar kode bank’ silahkan kalian cari bank mana yang akan menjadi tujuan transfer.

Pada kolom referensi, kalian bisa mengisi atau mengosongkan nya saja.

6. Jumlah transfer

Silahkan kalian memasukan nominal uang yang akan di transfer ke rekening tujuan, pastikan nominal angka nya sudah sesuai. lalu pilih “BENAR” untuk ke tahapan selanjutnya

7. Transaksi diproses

Selanjutnya layar mesin atm akan memproses transaksi kalian, Layar atm menunjukkan  Data rekening tujuan, nama pemilik rekening, dan jumlah uang yang ingin di transfer.

Jika semua data sudah sesuai, silahkan kalian pilih “YA” Jika data tidak sesuai, silahkan pilih “TIDAK” untuk membatalkan transaksi.

8. Konfirmasi

Selanjutnya layar mesin atm akan menunjukan bahwa transaksi kalian berhasil.  ada transaksi lagi?

Jika “YA” silahkan masukan nomor pin atm kalian dan lakukan traksaksi, jika “TIDAK”  maka mesin atm akan mengeluarkan struk transaksi.

9. Selesai

Setelah selesai, mesin atm akan keluar dan segera kalian ambil, karena hal ini yang sering terjadi dan kartu atm ‘tertelan’ kedalam mesin atm. pastikan kartu atm kalian sudah diambil sebelum meninggalkan lokasi.

baca : Agar pengajuan KPR cepat di Approve

Mudah kan cara transfer uang lewat mesin atm? jika ada pertanyaan, yuk kita sharing bersama lewat kolom komentar.