Simulasi-Kredit.com – Sepeda motor terbagi dua type, yang satu matik dan manual. kali ini kita akan membahas sepeda motor manual, khususnya cara merawat rantai motor yang baik dan benar.

cara merawat Rantai Motor
Membersihkan rantai Motor

Perawatan rantai motor memang banyak yang mengabaikan, entah dikarenakan tidak tahu atau memang sengaja karena ingin yang simpel. jika salah merawat pada bagian ini, bukannya menambah awet akan tetapi akanĀ  membuat rantai sepeda motor menjadi berisik pada saat mengoper gigi.

Tips merawat rantai sepeda motor yang baik dan benar :

  1. Jangan pernah melumasi rantai dengan oli bekas, Kenapa ? karena oli bekas mengandung partikel – partikel yang terdiri dari serbuk – serbuk bekas yang diperoleh dari dalam mesin sehingga mengakibatkan komponen pada rantai menjadi cepat rusak atau haus.
  2. Jika ingin melumasi rantai kendaraan kesayangan kalian, gunakan oli baru, hasil akan lebih baik jika menggunakan oli dengan tingkat kekentalan standar SAE 80-90.
  3. Sebelum melumasi oli pada rantai, lebih baik setiap bagian rantai dibersihkan terlebih dahulu agar semua kotoran terlepaskan dan tidak mengendap pada sela – sela rantai. cukup dengan detergen agar kotoran tidak mengendap.
  4. Lakukan perawatan atau pembersihan rantai secara berkala. terkait waktunya, lihat dari lokasi tempat kalian ya, jika daerah kalian berdebu, mungkin butuh perawatan lebih ekstra dibanding yang tidak.

Jika kalian melakukan perawatan seperti tips diatas, tidak akan lagiĀ  terdengar suara berisik pada rantai motor kalian dan yang pastinya rantai motor kalian akan menjadi lebih awet penggunaannya.

 

Artikel Terkait

Cara merawat rantai motor yang baik dan benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *