Cara membersihkan kulkas yang baik dan benar

Advertisements

Cara membersihkan kulkas yang baik dan benar – Kita semua sudah pasti mempunyai lemari es dirumah, tapi pernahkah kalian membersihkan kulkas dengan baik dan benar?

Apakah kalian mengetahui bahwa isi kulkas yang kotor dan dibiarkan begitu saja dapat menambah biaya lebih banyak untuk membayar tagihan listrik? Selain itu, makanan yang kotor juga memengaruhi makanan lain menjadi lebih cepat basi.

Cara membersihkan kulkas yang baik dan benar

Kulkas 2 Pintu

Ada baiknya kalian selalu memperhatikan kebersihan kulkas agar kualitas makanan tetap terjaga. kali ini admin akan memberikan tips membersihkan kulkas, simak artikel nya berikut ini :

Cara membersihkan kulkas yang baik dan benar

Tips membersihkan kulkas yang baik dan benar dapat kalian lakukan seminggu sekali dengan memperhatikan beberapa faktor, diantaranya :

  • Menyeka tumpahan yang jelas dan bintik-bintik lengket.
  • Mengelap residu yang lengket pada wadah dan botol.
  • Memeriksa laci buah dan sayuran dan membuang produk basi.
  • Membersihkan pintu dan lap dengan air hangat atau larutan deterjen lembut. Biarkan sampai benar-benar kering.

Jika kalian tidak ingin membersihkan kulkas mingguan, kalian juga dapat melakukannya secara bulanan dengan memperhatikan bagian – bagian berikut :

1. Rak

Kalian dapat mengkosongkan satu rak pada bagian kulkas di satu waktu, buang berbagai bahan makanan yang sudah lama serta kalian lap setiap rak menggunakan larutan 1 liter air dingin yang telah dicampur dengan 2 sendok makan soda kue

 

2. Laci

Jika laci pada kulkas  ingin dibersihkan dengan baik dan benar, harap keluarkan dan kosong laci buah, sayuran dan daging. Buang bahan makanan dan daging yang sudah tidak terpakai atau basi.

cara mencuci  laci kulkas dengan menggunakan larutan air hangat yang telah dicampur dengan deterjen ringan. dan biarkan sampai benar – benar kering baru kalian masukan ketempatnya kembali.

Jika memiliki bau yang membandel, cara menghilangkan bau membandel pada kulkas dapat kalian bilas dengan larutan satu liter air dan dicampurkan dengan dua sendok makan soda kue.

Selanjutnya kalian bilas dengan menggunakan air biasa dan lap sampai kering. selanjutnya atur kembali bahan makanan dan daging dilaci kulkas kesayangan kalian.

3. Rak pintu

Cara membersihkan rak pintu kulkas dengan menggunakan larutan air yang telah dicampur dengan soda kue. hal ini berguna karena rak pintu kulkas cepat mengalami kotor dan lengket.

4. Gasket

Gasket kulkas atau segel kulkas merupakan salah satu bagian penting kulkas agar berfungsi dengan maksimal. namun sayangnya, diantara kita masih menganggap remeh kebersihan dan fungsi gasket kulkas.

Untuk menguji fungsi segel gasket berjalan dengan baik, dapat kalian lakukan dengan cara menutup pintu sambil menyelipkan sebuah uang kertas. Jika kertas tersebut terjatuh dengan mudah, berarti gasket tidak berfungsi sebagai penyegelan yang ketat.

Ada baiknya, segera ganti gasket kulkas kalian untuk menghemat energi  pada lemari es.

5. Pintu

Pintu kulkas merupakan bagian yang paling sering bersentuhan dengan kita, bersihkan setiap bagian dari pintu kulkas dengan menggunakan larutan air yang telah dicampur dengan deterjen dan keringkan.

 

6. Dispenser es

Cara membersihkan dispenser es adalah dengan mematikan daya listrik dan biarkan es mencair, diamkan beberapa jam dan dispenser es siap kalian bersihkan. biasanya, pada proses ini es akan mencair dan membuat kulkas agak ‘banjir’

 

Nah, itulah beberap tips cara membersihkan kulkas yang baik dan benar, silahkan berikan komentar dan penilaian kalian.

Powered by WP Review
Advertisements

Leave a Reply