Biker, Lakukan langkah ini pada musim hujan

Simulasi-Kredit.com – Pergantian musim sudah tidak menentu, ada baiknya kita lebih mempersiapkan diri.untuk para biker, lakukan langkah ini pada musim hujan.

khususnya para pengguna motor, terkena air hujan saat berkendara memang bukan suatu hal yang menyenangkan, selain memerlukan tingkat kewaspadaan ekstra agar tidak terjadi kecelakaan dijalan, kehujanaan saat berkendaraa juga dapat membuat stamina drop.

Hendrik Ferianto, Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor (AHM) menyampaikan beberapa pesan, ketika hujan turun disaat kita sedang berkendara, berikut tips berkendara saat hujan.

Tips Berkendara Saat Hujan

Pertama, Sebaiknya berteduh ditempat meneduh terdekat. ini merupakan langkah yertama yang harus dilakukan oleh para biker, namun harus pastikan posisi kita berteduh dilokasi yang aman serta tidak menggagu pengendara lain seperti dibawah jembatan atau flyover

Selanjutnya, Jika tidak berkenan untuk berteduh lama dan ingin melanjutkan perjalanan, sebaiknya gunakan dulu jas hujan alangkah baiknya jangan menggunakan model ponco atau jas hujan model batman agar tidak mengganggu pengendara lain dibelakang kita nanti nya. lalu jangan menorobos hujan, tunggu sekitar 5menit baru kita jalan.

Jas hujan model batmen

Jas Hujan Ponco

kenapa harus tunggu 5mentian terlebih dahulu ? pada umumnya, jalanan yang baru terkena air hujan pada 5menit pertama akan mengalami penyesuaian dimana dari kondisi jalanan panas tiba – tiba menjadi dingin dan menimbulkan uap, serta adanya elemen pasir dan tanah yang mengendap dan mencair ketika terkena air hujan.

Langkah ketiga, atur posisi gas kendaraan sebijaksana mungkin, tentunya kita jangan samakan kondisi ketika jalanan sedang kering. tapi anehnya, pengendara diindonesia malah sebaliknya, mereka menambah kecepatan disaat hujan tanpa memikirkan pengendaraan lain yang kecipratan dibelakangnya.

Keempat, sebaiknya para pengendara menjaga jarak aman berkendara dengan melebihi jarak ketika kondisi jalanan sedang kering. kenapa ? karena dengan menjaga jarak aman, kita membutuhkan jarak pengereman yang sedikit lebih panjang untuk menghindari slip pada saat jalanan licin.

Kemudian untuk tips yang terakhir atau kelima, para pengendara disarankan untuk berkendara agak ketengah, mengapa? karena jalanan diindonesia khususnya dijakarta dan sekitarnya, posisi tepi jalan sering terjadi genangan air dikhawatirkan pada genang air tersebut terdapat lobang atau gangguan lainnya yang dapat menyebabkan kecelakan lainnya.

Itulah tips berkendara yang aman ketika hujan menurut intrustur safety riding dari Astra Honda Motor, sekarang saat nya kita menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara.