Benarkah etilang mempersulit perpanjang sim pelanggar nakal?

Simulasi-kredit.com, Jakarta – Sistem etilang atau tilang online memberikan inovasi dan gebrakan baru dari pihak korlantas polri. selain untuk tindakan penegakan hukum pelanggar nakal, etilang juga melakukan pencatatan pelanggaran secara otomatis.

Proseduk etilang

E-Tilang

Jika pada tidak biasa atau konvensional, pelanggar tidak memiliki batasan pelanggaran yang mereka lakukan, tapi berbeda dengan tilang online, semua pelanggaran yang dilakukan oleh “sipengendara nakal” akan terekam dan tercatat dalam sistem baru ini.

Baca : Keuntungan mengikuti tilang online

Cara perilaku berlalu lintas (CPB) yang diusung oleh etilang, dapat memonitor pelanggaran – pelanggaran berlalu lintas atau keterlibatanya dalam sebuah kecelakan dijalan. sistem CPB itu sendiri merupakan cara korlantas polri untuk meningkatkan budaya berlalu lintas dijalan.

Benarkah etilang mempersulit perpanjang sim?

Catatan pelanggaran tersebut memiliki poin-poin sesuai dengan tingkat pelanggaran (demerit point system). Pelanggaran administrasi memiliki poin 1, menyebabkan kemacetan poinnya 3, dan menyebabkan kecelakaan poinnya 5.

Dari akumulasi poin tersebut kemudian si pemohon SIM, prosesnya akan disesuaikan dengan empat kriteria sebagai berikut.

  1. Tanpa uji, sebagai bentuk apresiasi kepada pemegang SIM yang tidak pernah melakukan pelanggaran dan terlibat kecelakaan lalu lintas.
  2. Uji ulang, bila yang bersangkutan pernah terlibat pelanggaran dan terlibat kecelakaan.
  3. Cabut sementara, apabila dalam mengemudikan kendaraan membahayakan keselamatan (ngebut, zigzag, mabuk, dan narkoba).
  4. Dicabut seumur hidup, apabila pengendara tersebut melakukan tindakan tabrak lari karena hal ini adalah kejahatan kemanusiaan.

Selain dengan adanya denda maksimal pada sistem etilang, akumulasi poin diharapkan dapat memberikan efek jera kepada pelanggar lalu lintas. dengan adanya sistem tilang online mari kita kawal implementasi e-tilangdi lapangan.