Bagian kendaraan yang wajib di cek setelah perjalan jauh

Advertisements

Bagian kendaraan yang wajib di cek setelah perjalan jauh – setiap komponen kendaraan wajib dicek sebelum berangkat atau digunakan, apalagi setelah dipergunakan dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

booking service toyota

Suasana bengkel resmi

setelah dibawa perjalanan jauh, ada beberapa bagian yang kualitasnya menurun dan untuk menjaga performa kendaraan tetap prima, ada beberapa bagian kendaraan yang WAJIB kalian cek.

 

Bagian kendaraan yang wajib di cek setelah perjalan jauh

Oli Mesin dan Oli Gardan

Bagian paling penting lainnya adalah oli mesin dan oli gardan. Coba periksa apakah keduanya masih layak untuk dipergunakan.

 

Ban

Tidak boleh dilupakan, perjalanan yang jauh tentu akan “memakan” kondisi ban kendaraan. Kita perlu mengeceknya ketika selesai melakukan perjalanan panjang seperti mudik ke kampung atau touring, misalnya. cek apakah kembangan pada ban kendaraan masih tebal dan pastikan tekanan angin pada ban.

Baca : Mitos Penggunaan Gas Nitrogen

Kopling

Terutama untuk kendaraan berjenis transmisi manual, mengecek kopling adalah sebuah keharusan setelah kendaraan digunakan untuk jarak tempuh yang jauh dan apalagi macet. Untuk mengecek apakah ada kendala pada bagian kopling atau tidak, caranya mudah.

Coba rasakan apakah ada perbedaan pada saat perpindahan gigi, apakah sering terjadi slip atau tarikan kendaraan agak berat setelah pergantian gigi Jika terjadi hal demikian, maka segera lakukan pergantian kampas kopling kendaraan.

Aki

Aki kendaraan. Keliatannya, bagian pada kendaraan ini tidak dianggap terlalu penting oleh para pemilik. Apabila aki yang digunakan pada kendaraan adalah aki basah, coba cek kondisi rumah aki apakah kekurangan air atau tidak. Bukan hanya itu, periksa juga bagian partikel dalam aki dan kualitas air aki. agar lebih maksimal, lakukan pengurasan air aki dan lakukan stroom aki.

Biasanya, aki yang dalam kondisi baik memiliki angka 12 sampai 13 volt jika dites menggunakan volt meter saat mesin dalam kondisi mati.

Radiator

Meski tidak semua kendaraan mempunyai radiator, Mengecek kondisi radiator merupakan salah satu hal paling mendasar ketika kalian habis melakukan perjalanan yang jauh. Tidak ada salahnya kalian memeriksa apakah air radiator masih cukup banyak dan sesuai standar atau tidak. Selain itu, ada baiknya kalian melakukan pengurasan air radiator, apalagi untuk kendaraan yang sudah berumur, radiator membutuhkan perlakuan khusus.

Seperti yang diketahui, radiator merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk memindahkan energi panas dari medium yang satu ke medium lainnya.

Rem

Jangan pernah kalian mengabaikan melakukan pengecekan rem sehabis menempuh perjalanan jauh. Lakukan pengecekan ketebalan kampas serta level minyak rem, lihat juga apakah ada ciri-ciri kebocoran atau tidak. Jangan karena lupa melakukan pemeriksaan, rem kendaraan kalian tidak dapat difungsikan secara maksimal saat dikendarai.

setelah dilakukan pengecekan setiap bagian komponen yang cukup vital, kendaraan kesayangan kalian sudah siap diajak perjalanan jauh kembali.

Baca : Persiapan Sebelum Touring

Advertisements

Leave a Reply