Arti dan kegunaan CVV atau CVC pada kartu kredit

Arti dan kegunaan CVV atau CVC pada kartu kredit – Kartu Kredit, Mungkin diantara kita ada yang memiliki minimal 1 buah kartu kredit, bahkan ada yang lebih.

Kartu Kredit memang bisa dijadikan sebuah solusi dikala sedang membutuhkan dana yang sangat mendesak, namun kartu kredit juga bisa menjadi sebuah pisau yang dapat membunuh kita dikemudian hari jika kita salah dalam menggunakannnya.

Fungsi kartu kredit adalah untuk melakukan transaksi kegiatan non tunai (meskipun kita juga dapat memanfaatkan fasilitas tarik tunai) baik transaksi offline maupun transaksi online, hal ini sangat membantu kita jika ingin membeli suatu kebutuhan  namun keuangan kita belum cukup.

Pada saat transaksi offline, biasanya kartu kredit kita akan di gesek pada mesin EDC ( Elektronik Data Capture) yang berfungsi untuk merekam nomor kartu kredit kita dan mencatatkan transaksi secara otomatis.

Lalu bagaimana cara transaksi online menggunakan kartu kredit? transaksi online menggunakan kartu kredit memang berbeda, karena kita harus mengisikan formulir pembayaran.

cara bikin kartu kredit

Kartu kredit

Buat kalian yang baru pertama kali memiliki kartu kredit, kalian wajib mengetahui setiap bagian dan fungsi yang ada pada kartu kredit sehingga kalian dapat dengan mudah dan aman dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Jika pada saat melakukan transaksi offline menggunakan kartu kredit kita diminta untuk memberikan tanda tangan atau PIN, berbeda dengan transaksi online yang dimana kita harus mengisikan kode CVV/CVV  pada formulir pembayaran.

Sebelum kita membahas apa itu CVV/CVC dan fungsi dari CVV/CVC, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan setiap bagian pada kartu kredit.

Lalu, apa saja informasi yang tertera pada setiap bagian kartu kredit?

1. Bagian Depan Kartu Kredit

Pada bagian depan kartu kredit berisikan informasi berupa :

  • Kelas kartu kredit (meski tidak semua kartu kredit dicantumkan kelas kartu nya)
  • Logo bank (penerbit kartu kredit)
  • Nomor kartu kredit
  • Nama pemegang kartu kredit
  • Masa berlaku kartu kredit (bulan dan tahun)
  • Jenis kartu kredit (Visa atau Mastercard)

2. Bagian Belakang Kartu Kredit

Bagian belakang kartu kredit berisi beberapa informasi, berupa :

  • Nomor kartu (printed)
  • Tempat tanda tangan pemegang
  • 3 angka khusus dan informasi bank penerbit

Untuk melakukan transaksi online, kalian akan diarahkan pada form pengisian CVV atau CVC kartu kredit yang kalian miliki. mungkin diantara kita yang belum pernah bertransaksi online akan bingung apa itu CVV/CVC dan dimana letaknya??

Kalian tidak perlu bingung dan membatalkan transaksi online hanya karena kalian tidak mengetahui letak kode CVV/CVC itu.

Kode CVV/CVC biasanya terdiri dari 3 digit angka yang terletak pada bagian belakang kartu kredit. CVV dan CVC itu sama saja, yang membedakan hanya jenis kartu kredit nya. CVV merupakan istilah yang digunakan oleh kartu kredit berlogo VISA sedangkan Kartu kredit berlogo Mastercard menggunakan istilah CVC.

 

Fungsi CVV/CVC

CVV/CVC merupakan sebuah fitur keamanan untuk melakukan pembayaran online menggunakankartu kredit, fitur keamanan ini sudah diterapkan oleh Mastercard sejak 1 Januari 1997, sedangkan VISA baru mengadopsi sistem keamanan ini sekitar tahun 2001.

Barulah pada bulan Oktober 2003, penggunaan fitur CVV atau CVC ini diseragamkan untuk melindungi nasabah saat melakukan pembayaran transaksinya secara online.

Dengan adanya fitur CVV/CVC, bank penyedia kartu kredit akan lebih percaya terhadap transaksi online yang kalian lakukan. jangan heran apabila transaksi kalian ditolak bahkan kartu kredit kalian di blokir jika tidak mengisikan kode CVV/CVC pada saat transaksi online.

Hal ini merupakan sebuah tindakan pencegahan yang dilakukan oleh bank penajmin untuk menghindari tindakan kriminal menggunakan kartu kredit pada saat transaksi online.

Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Transaksi Online

Bagaimana cara meggunakan kartu kredit untuk transaksi/belanja online adalah sebagai berikut:

  1. Card Type: Pada kolom card type, kalian akan diminta untuk memilih jenis kartu kredit, apakah termasuk jenis VISA atau Mastercard
  2. Card Number: Pada kolom ini kalian dapat mengisikan nomor kartu kredit
  3. Card Holder Nama: Masukkan nama yang tercetak pada kartu kredit
  4. Expiration Date: Adalah tanggal masa berlaku kartu, yang terdapat pada bagian depan kartu kredit
  5. CVV atau CID (Card Identification) number: Terdapat di bagian belakang kartu kredit

Hal lain tentang kartu kredit yang wajib kalian ketahui

Pada saat kalian menerima kartu kredit, biasanya tercantum nomor PIN (Personal Identification Number). PIN pada kartu kredit hanya dapat kalian pergunakan jika kalian melakukan penarikan uang tunai menggunakan ATM.

Perlu kalian perhatikan, harap menjaga kerahasiaan setiap nomor yang tertera pada kartu kredit kalian agar terhindar dari penyalahgunakaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan gunakan kartu kredit dengan bijak agar terhindar dari masalah.

Baca Juga : BI Checking penyebab pengajuan Kredit di tolak