Agar pengajuan KPR rumah cepat diterima – Rumah merupakan salah satu bagian penting yang wajib dimiliki oleh setiap orang dalam kehidupannya.

Kredit Pemilikan Rumah Atau KPR biasanya dijadikan sebuah solusi untuk kita  yang ingin memiliki rumah akan tetapi masih terbatas dengan masalah finanssial / keuangan.

Berdasarkan dari data BANK INDONESIA (BI) pada kuartal IV tahun 2016 menyebut bahwa  konsumen yang menggunakan fasiliras KPR sebesar 77,22 persen, sementara yang memilih skema pembayaran tunai bertahap sebesar 15,91 persen. dengan adanya data tersebut dapat dikatakan bahwa pertumbuhan total KPR tercatat sebesar Rp 362,84 triliun atau naik 1,90 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Agar pengajuan KPR rumah cepat diterima

Syarat pengajuan KPR

Adapun syarat pengajuan kpr yang telah diberlakukan oleh bank indonesia dan harus dipenuhi atau dilengkapi oleh para konsumen adalah :

Data Pribadi

  1. Mengisi Formulir Aplikasi permohonan KPR
  2. Foto Copy KTP pemohon dan pasangan suami / istri (jika sudah berkeluarga)
  3. Foto Copy Surat Nikah / Surat Cerai (bagi yang sudah menikah / bercerai)
  4. Foto Copy Kartu Keluarga (KK)

Data Finansial

  1. Slip Gaji asli terakhir / Surat Keterangan Penghasilan
  2. Foto Copy NPWP
  3. Rekening Koran 3 bulan terakhir

Data Pendukung Lain :

Usia juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi atau dipertimbangkan oleh pihak bank (pemberi kredit) apakah pengajuan KPR kita diterima atau tidak. biasanya untuk pemohon yang mengajukan KPR berusia di bawah 40 tahun mendapat fasilitas tenor kredit hingga 15 tahun, Sedangkan bagi pemohon yang  berusia lebih dari 40 tahun, tenor kredit akan disesuaikan dengan usia produktif mereka, maksimal seperti yang telah disebutkan.

KPR DP 0%
Ilustrasi KPR

Dari segi pekerjaan, pihak pemberi kredit juga mempertimbangkan masa kerja pemohon, pemohon diwajibkan memiliki pekerjaan tetap baik sebagai karyawan, wiraswasta maupun profesional. dengan masa kerja minimal 1 tahun untuk karyawan dan wiraswasta dan telah melewati masa percobaan atau 2 tahun bagi profesional.

Berikutnya adalah pendapatan pemohon. Baik perbankan atau pengembang akan melihat gaji pemohon yang digunakan akan menentukan jumlah kredit serta jangka waktu kredit yang diberikan. biasanya para pengembang dan pihak bank memberikan batasan cicilan sepertiga (1/3) atau 30% dari total  gaji pemohon.

* untuk mengakali  cicilan kpr lebih besar dari pada gaji kalian, kalian bisa menambah DP menjadi lebih besar agar cicilan nya menjadi semakin ringan

Lain – Lain

Selain dari berbagai data yang dilampirkan dalam proses pengajuan KPR, pihak bank juga melakukan BI Checking (pengecekan data ke bank indonesia yang dimana semua transaksi keuangan kita terekam) untuk memastikan tidak adanya tunggakan (biasanya tunggakan kartu kredit). jika pada saat pihak bank menerima laporan dari BI bahwa terjadi tunggakan, maka proses pengajuan kredit bisa menjadi lebih lama, bahkan bisa saja ditolak.

Jika kalian merasa semua data lengkap dan tidak adanya tunggakan baik kartu kredit maupun cicilan krendaraan dan kalian ingin mengajukan KPR, banyak perumahan baru ditangerang yang bisa menjadi pilihan kalian.

Baca : Cluster Graha Raya Bintaro

Artikel Terkait

Agar pengajuan KPR rumah cepat diterima

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *