5 Hal yang wajib diperhatikan sebelum pinjam uang ke Bank

5 Hal yang wajib diperhatikan sebelum pinjam uang ke Bank –  Terkadang, kita membutuhkan uang dengan jumlah yang cukup besar secara mendadak. beruntung jika kita sudah mempersiapkan dana cadangan atau tabungan sebelumnya yang dapat meringankan.

Baca : Syarat Buka Rekening BCA

Kebutuhan mendadak sebenarnya dapat kita minimalisir jika kita sudah menabung, akan tetapi kita susah untuk menabung karena tidak bisa membedakan mana yang kebutuhan atau keinginan.

Pinjaman KTA terbaik

Bank

Jalan lain yang kita tempuh untuk memenuhi kebutuhan mendadak adalah mengajukan pinjaman ke bank, saat ini banyak bank yang memberikan pinjaman tanpa anggunan atau bahasa keren nya KTA. biar kita gak kejebak, ada baiknya kita ppertimbangkan adalah  5 hal wajib yang perlu diperhatikan sebelum pinjam uang ke bank.

Bunga

Setiap kalian meminjam uang dari lembaga keuangan / bank sudah pasti dikenakan bunga. walaupun pemerintah sudah menetapkan besaran suku bunga, ada baiknya jika kalian memperhitungkan kembali dana yang akan dikembalikan beserta besaran bunganya agar kalian dapat menyesuaikan dengan pendapatan kalian.

Jangka Waktu

Pada umumnya, jangka waktu pinjaman menentukan besar kecilnya jumlah angsuran yang wajib kita bayarkan setiap bulannya. semakin lama angsurannya, semakin kecil pembayaran angsurannta akan tetapi bunganya menjadi semakin besar.

Berbeda jika jangka waktu pinjaman semakin kecil, pembayaran setiap bulannya semakin besar akan tetapi bunga nya menjadi lebih kecil. hal ini yang perlu kalian perhatikan dan kembali lagi kepada perhitungan pendapatan kalian agar tidak ‘menyiksa’ di kemudian hari.

Hindari kesalahan

Dengan meminjam uang ke bank, ada baiknya kalian mengatur terlebih dahulu, mana kebutuhan mendesak / mendadak mana keinginan. hal ini sangat penting agar terhindar masalah pada saat meminjam uang. Jangan lupa bahwa kalian meminjam uang untuk kebutuhan, bukan senang – senang.

Perhatikan Kebijakan

Sebelum kalian meminjam uang ke bank, ada baiknya kalian membaca dan memahami terhadap kebijakan – kebijakan serta syarat pengajuan pinjaman ke bank. perhatikan hak dan kewajiban kalian agar kalian tidak terjebak pada peraturan yang kurang menguntungkan untuk kalian yang diberikan oleh lembaga keuangan.

Survei

Sebelum melakukan pinjaman uang kelembaga keuangan, ada baiknya kalian melakukan survei dan kredibilitas lembaga keuangan yang akan kalian pilih. perhatikan latar belakang dan kebijakan yang diberikan. pilihlah lembaga keuangan yang dijamin oleh pemerintah karena transaksi kalian sudah terjamin.

 

Dalam proses mengajukan pinjaman, harap pastikan mana kebutuhan dan mana keinginan. Sesuaikan juga besaran jumlah pinjaman dengan jumlah pendapatan kalian, hal ini untuk menghindari masalah dikemudian hari yang dapat membuat data kalian menjadi jelek di lembaga keuangan karena keterlambatan pembayaran cicilan

Baca Juga : Cara memperbaiki BI Checking agar lolos pengajuan kredit