5 Alasan pengajuan kredit ditolak

Advertisements

5 Alasan pengajuan kredit ditolak  – Setiap orang sudah pasti menginginkan membeli barang – barang impian baik secara kredit maupun secara cash. akan tetapi untuk sebagian orang, membeli barang secara kredit merupakan sebuah solusi. tidak semua pengajuan kredit berjalan mulus, pasti ada yang ditolah. berikut 5 alasan pengajuan kredit ditolak.

Dengan Syarat pengajuan kredit yang terbilang sangat mudah, banyak sekali masyarakat mengajuan kredit (kendaraan, handphone atau rumah). namun, masih banyak masyarakat awam yang menyalahkan pihak dealer atau developer pada saat pengajuan kredit mereka ditolak.

5 alasan pengajuan kredit ditolak

Aplikasi Kredit Ditolak

Secara garis besar, yang berhak menerima dan menolak pengajuan kredit adalah pihak bank atau leasing selaku lembaga yang membiayai proses pengajuan kredit kalian.

Lalu, alasan apa saja yang biasanya menjadi penyebab pengajuan kredit ditolak? akan saya bahas pada artikel dibawah ini. berikut selengkapnya.

 

 

5 Alasan pengajuan kredit ditolak

Penghasilan belum mencukupi

Pihak Bank atau leasing mempunyai tim analis kredit, pastikan kalian memperhitungkan jumlah pendapatan dan pengeluaran kalian setiap bulannya.

Jika ingin mengajukan kredit, biasanya pihak bank atau leasing akan mensyaratkan besaran pengeluaran kalian setiap bulannya  (meski tidak tertulis) adalah sepertiga dari total pendapatan. Jika melebihi dari batas sepertiga gaji, sudah pasti pengajuan kredit anda ditolak.

Persyaratan tidak lengkap

Meskipun saat ini pengajuan kredit sangat mudah, ada beberapa persyaratan yang wajib kalian penuhi seperti Fotocopy KTP Pemohon dan Suami / Istri, Fotocopy Rekening listrik, rekening koran 3 bulan terakhir, FotoCopy PBB. Apabila kalian tidak melengkapi syarat yang dibutuhkan oleh pihak bank atau leasing jangan berharap pengajuan kredit kalian disetujui.

History Pinjaman Buruk

Masa lalu pinjaman yang buruk dapat mempengaruhi pengajuan kredit kalian. ilustrasi nya seperti ini. misal kalian mempunyai cicilan kredit pada Bank A dan mengalami kredit macet, lalu kalian mencoba peruntungan dengan mengajukan kredit ke Bank B, sudah pasti pengajuan kredit kalian ditolak, kenapa?

karena semua data kredit nasabah tercatat di Bank Indonesia, dan ada yang namanya proses BI Checkin, Bank B tidak ingin mengalami kerugian seperti Bank A. karena kredit macet dan mereka kehilangan uang mereka.

Kurang Kooperatif

penyebab pengajuan kredit anda ditolak lainnya adalah kurangnya sikap kooperatif. tindakan tidak kooperatif yang saya maksudkan adalah kalian memberikan data yang tidak benar  atau anda tidak mau diajak kerjasama pada saat survey berlangsung.

Pastikan kalian memberikan data dan informasi yang benar pada saat survey sehingga pengajuan kredit kalian segera di terima.

Nama Kalian Ter Black List

Bank Indonesia mempunyai sistem otomatis yang mendata masyarakat pada saat menggunakan fasilitas kredit dari bank , leasing maupun lembaga keuangan lainnya. salah satu faktor penyebab data konsumen sering ter blacklist adalah kartu kredit .

Jadi Bank Indonesia  menerapkan sistem skor untuk memberikan peringkat kredit seseorang. Pihak debitur akan mendapat peringkat 1 jika selalu melunasi cicilan tepat waktu. Dia akan mendapat ranking 3 jika menunggak tapi tunggakannya belum sampai 270 hari. Jika sudah menunggak lebih dari 270 hari, dia akan berada di peringkat 5 atau yang paling bawah.

Itulah 5 Alasan pengajuan kredit ditolak , sekiranya kalian dapat menjaga kredibilitas keuangan kalian agar pengajuan kredit kalian cepat diterima oleh pihak bank atau leasing.

Baca juga : Cara memperbaiki BI Checking

Powered by WP Review
Advertisements

Leave a Reply